BERITA

Ekologi Kelapa

Ekologi Kelapa HIPKI

Hai Sobat Kelapa! Kali ini kita akan membahas tentang Ekologi Kelapa. Kondisi lingkungan yang seperti apa sih yang sesuai untuk pertumbuhan pohon kelapa? Yuk simak penjelasan di bawah ini terkait Ekologi Kelapa!

  • Iklim

Tanaman kelapa tumbuh dengan baik di wilayah tropis. Namun, tidak semua wilayah tropis cocok untuk kelapa. Iklim yang sesuai untuk pertumbuhan kelapa berada pada 10 derajat LU-10 derajat LS dan masih tumbuh dengan baik di iklim 15 derajat LU-15 derajat LS.

  • Curah Hujan

Curah hujan yang baik 1.300-2.300 mm/th. Kekeringan panjang dapat menyebabkan produksi berkurang 50%, sedangkan kelembapan tinggi dapat menyebabkan serangan jamur.

  • Suhu

Suhu yang paling cocok untuk pohon kelapa adalah sekitar 20-27 derajat celsius. Jika suhu terlalu tinggi maka mengakitbatkan pohon kelapa yang masih muda akan mengering, serta jumlah buahnya akan berkurang.

  • Kelembaban

Kelembaban yang paling sesuai sekitar 70-80 derajat. Jika dibawah atau terlalu tinggi akan mengakibatkan pohon kelapa mudah terserang penyakit dan tidak tumbuh subur.

  • Lahan

Ketinggian lahan idealnya sekitar 0-450 mdpl dengan kemiringan lahan tidak melebihi 45 derajat. Jika ditanam terlalu tinggi akan mengakibatkan buah kelapa lama berbuah dan tidak seproduktif di dataran rendah.

  • Tanah

Tanah yang ideal untuk pohon kelapa adalah tanah berpasir, lempung berpasir, dan sedikit liat dengan pH tanah 5,2-8.

Nah, itulah penjelasan mengenai Ekologi Kelapa. Semoga dapat menambah pengetahuan Sobat Kelapa terkait Ekologi Kelapa!

KONTAK

Jalan Rawa Bebek No.26
Gedong Panjang, Jakarta Utara
Telp:
021 6603926
Email:

info@hipki.org

 

TEMUKAN KAMI