BERITA

Desiccated Coconut

Hai Sobat Kelapa! Apa aja sih yang perlu kita ketahui tentang desiccated coconut? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa sih desiccated coconut itu?

Desiccated coconut atau yang disebut sebagi kelapa parut kering merupakan hasil pengolahan daging buah kelapa tua yang dihaluskan dengan cara dicacah atau diparut tanpa menambahkan bahan lain lalu dikeringkan secara higienis.

Dessicated coconut yang berkualitas baik secara fisik ditandai dengan warnanya yang putih bersih dan relatif bersih dari warna-warna lain (kuning, kecoklatan, hitam), beraroma khas kelapa yang murni dan tidak tengik, memiliki ukuran yang seragam serta bebas dari material-material lainnya.

Apa saja kandungan desiccated coconut?

Nilai gizi yang terkandung dalam desiccated coconut terbilang cukup tinggi dan menyerupai kelapa secara umum. Mulai dari kandungan lemak, serat protein, vitamin dan mineral pun bisa didapatkan dari desiccated coconut.

Apa saja jenis dan ukuran desiccated coconut?

Berdasarkan kehalusan ukurannya, dessicated coconut dikelompokkan ke dalam tingkatan yaitu extra fine grade (sangat halus), fine grade (halus) dan medium grade (lebih kasar). Sedangkan berdasarkan kandungan lemaknya dibedakan menjadi desiccated coconut full fat (tinggi lemak) yang memiliki kandungan lemak lebih dari 60% dan desiccated coconut low fat (rendah lemak) yang memiliki kandungan lemak kurang dari 60%.

Apa manfaat desiccated coconut?

Kelapa parut kering sering digunakan sebagai bahan campuran makanan, seperti biskuit, kue, kembang gula, dan lain lain. Selain itu kelapa parut kering juga dapat diolah kembali menjadi berbagai produk makanan seperti tepung kelapa, krim kelapa, toasted coconut, manisan kelapa, dan juga coconut chips.

Nah, itulah penjelasan mengenai desiccated coconut. Semoga dapat menambah pengetahuan Sobat Kelapa terkait desiccated coconut!

KONTAK

Jalan Rawa Bebek No.26
Gedong Panjang, Jakarta Utara
Telp:
021 6603926
Email:

info@hipki.org

 

TEMUKAN KAMI