BERITA

Nilai Tambah Bunga Kelapa

Hai Sobat Kelapa! Hari ini kita akan membahas nilai tambah Bunga Kelapa. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Bunga kelapa dapat diolah menjadi nira kelapa. Nira kelapa adalah cairan manis yang diperoleh dari air perasan batang atau getah tandan bunga tanaman kelapa. Nira kelapa merupakan salah satu sumber bahan pangan dalam pembuatan gula. Beberapa produk olahan dari nira kelapa:

  • Gula

Gula kelapa memiliki rasa aroma yang enak, sehingga ada beberapa olahan yang lebih lezat bila menggunakan gula kelapa di bandingkan gula putih. Mutu dan kualitas gula kelapa yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh karakteristik tanaman yang disadap, teknik penyadapan dan pengawetan nira, proses pengolahan dan pengendalian mutumya.

  • Gula Cetak

Gula cetak atau biasa dikenal dengan gula merah merupakan produk yang dihasilkan dari nira kelapa dengan cara pemasakan pada suhu sekitar 110-120oC. Bentuk gula tergantung bentuk cetakan yang digunakan (kerucut, kubus, setengah lingkaran dan sebagainnya). Masa  penyimpanan gula ini adalah selama 12 minggu.

  • Gula Pasir

Gula pasir atau gula semut merupakan gula merah versi bubuk. Dinamakan gula semut ini karena bentuknya yang menyerupai dengan sarang semut yang ada di tanah. Gula semut dihasilkan dengan cara pengkristalan dan melalui proses pendinginan sekitar 10-15 menit.  Gula semut memiliki beberapa kelebihan dibanding gula cetak pada umumnya, yakni dapat tahan lama disimpan dalam jangka waktu hingga dua tahun tanpa mengalami perubahan warna dan rasa jika di bungkus dalam tempat yang rapat.

  • Gula Cair

Dalam industri pangan, gula merah cair digunakan untuk bahan pemanis minuman dan bahan pembuatan kecap. Kelebihan dari gula merah cair yaitu bisa langsung digunakan atau dicampur langsung dengan makanan, misalnya es cendol dan lupis.

  • Pakan lebah
  • Bioetanol

Nah, itulah penjelasan tentang nila tambah Bunga Kelapa. Semoga dapat menambah pengetahuan Sobat Kelapa!

KONTAK

Jalan Rawa Bebek No.26
Gedong Panjang, Jakarta Utara
Telp:
021 6603926
Email:

info@hipki.org

 

TEMUKAN KAMI